Rekomendasi Penjual Nasi Gudeg Jogja Paling Lezat

Nasi Gudeg Jogja

Nasi Gudeg Jogja

 

 

Belum lengkap rasanya berwisata ke Jogja tanpa mencicipi kelezatan menu gudeg. Perpaduan nangka muda yang dimasak dengan bumbu manis dari gula Jawa memang sangat akrab di kalangan masyarakat Indonesia. Dan tentu saja Anda tak sulit menemukan penjual nasi gudeg di sana. Setidaknya ada 6 lokasi penjual nasi gudeg Jogja yang memang sangat rekomended, karena citarasanya paling otentik dan komplit. Mana sajakah itu?

 

  1. Gudeg Yu Djum

Gudeg Yu Djum ini adalah gudeg yang paling terkenal dan sering menjadi oeh-oleh di Jogja. Gudeg ini begitu terkenal dan menjadi incaran para wisatawan karena rasanya yang masih sama seperti tahun 1950 ketika gudeg ini pertama kali dibuka. Ada berbagai lauk nasi gudeg yang bisa Anda pilih seperti krecek, tahu, telur, dan daging ayam.

Jika Anda berminat, Anda bisa datang ke salah satu cabang Gudeg Yu Djum ini di Jl. Adi Sucipto Km 8,7 Yogyakarta.

 

  1. Gudeg Pawon

Gudeg yang terkenal berikutnya adalah gudeg Pawon. Keunikan gudeg ini adalah baru buka jam 10 malam dan dengan antrian yang sangat panjang. Keunikan lainnya dari gudeg ini adalah para pelanggan yang menyantap gudeg langsung di pawon (dapur). Anda juga bisa langsung mengetahui cara memasak gudegnya.

 

Gudeg Pawon ini didirikan oleh Mbah Prapto widarso sejak tahun 1958. Gudeg ini memiliki ciri khas rasa yang tak terlalu manis, namun rasa gurihnya lebih mendominasi. Anda bisa mengunjungi Gudeg Pawon ini di Jl. Janturan No.36-38 Warungbroto Umbulharjo, Yogyakarta.

 

  1. Gudeg Bu Tjitro

Rekomendasi tempat berikutnya adala Gudeg Bu Tjitro yang beralamat di Jl. Janti No.330 (depan Jogja Expo Centre). Gudeg ini bahkan sudah berdiri sejak tahun 1925. Keistimewaan gudeg Bu Tjitro ini adalah pada komposisi areh atau santan kelapa yang kental dan legit. Ada juga tambahan lauk seperti telur bebek dan porsi gudeg kering yang lumayan banyak. Gudeg Bu Tjitro ini bahkan sudah diproduksi juga menjadi makanan kaleng yang bisa Anda jadikan sebagai oleh-oleh.

 

  1. Gudeg Mercon Bu Ngatinah

Bagi Anda yang penasaran dengan citarasa gudeg yang manis, namun Anda tak bisa meninggalkan kecintaan pada makanan pedas, maka Gudeg Mercon Bu Ngatinah ini bisa menjadi rekomendasi untuk Anda. Berbeda dengan gudeg lain yang hanya bercita rasa manis dan gurih, gudeg mercon ini justru mengunggulkan rasanya yang super pedas.

Gudeg mercon ini pertama kali dijual pada tahun 1992 dengan konsep lesehan di pinggir jalan. Gudeg ini bahkan hanya buka pada malam hari yaitu pada jam 9 malam hingga menjelang pagi. Ada berbagai pilihan menu gudeg yang bisa dicoba seperti nasi, gudeg mercon, areh, sayur tempe, krecek pedas, dan sambal hijau. Ada berbagai pilihan lauk yang bisa Anda pesan misalnya saja sate, tahu, tempe, telur, dan lan sebagainya. Lokasi Gudeg Mercon ini ada di seputar Pasar Kranggan, sebelah barat Klenteng Poncowinatan Yogyakarta.

 

  1. Gudeg Mbarek Haji Ahmad

Gudeg ini terkenal di kalangan mahasiswa UGM karena berlokasi tepat di utara gedung rektorat UGM yaitu di Jl. Kaliurang No.5. Gudeg ini bahkan sudah berdiri sejak tahun 1965 dan menjadi rujukan bagi orang yang berwisata ke Jogja. Ada keunikan tersendiri dari Gudeg Mbarek Haji Ahmad ini yaitu citarasa yang tak terlalu manis dan gudeg yang kering. Gudeg ini bisa Anda jadikan sebagai oleh-oleh dengan 2 pilihan wadah yaitu anyaman bambu (besek) atau kendil yang unik.

 

  1. Gudeg Manggar Bu Jamilah

Lain dari tempat lainnya, Gudeg Manggar Bu Jamilah ini mengolah gudeg bukan dari nangka muda, namun dari manggar atau bunga kelapa yang masih muda. Gudeg manggar ini bahkan konon katanya adalah makanan favorit di keraton dan saat ini cukup langka. Anda bisa mencoba keunikan rasa Gudeg Manggar Bu Jamilah ini di Jl. Srandakan Bantul km.8 Yogyakarta.

Nah, itu dia 6 rekomendasi nasi gudeg Jogja yang wajib Anda datangi. Dijamin Anda akan ketagiahan setelah menyicipinya.