Manfaat Jagung

Manfaat Jagung – Jagung merupakan buah yang memiliki bentuk biji-bijiang berwarna kuning yang terletak berderet mengelilingi sepanjang tongkolnya. Jagung sendiri seringkali dinikmati dengan cara direbus atau dibakar jika ingin dimakan langsung, biasanya menggunakan jenis jagung manis yang memiliki biji lebih besar dan rasa manis. Selain itu jagung juga sering dimasukkan ke dalam campuran beberapa jenis sayuran yang dimasak.

Manfaat Jagung

Dibeberapa daerah di Indonesia, jagung dijadikan sebagai makanan utama pengganti nasi. Jagung memang memiliki kandungan karbohidrat yang dapat memenuhi kebutuhan karbohidrat harian manusia sehingga bisa dijadikan makanan utama. Selain rasanya yang khas dan manis, ternyata jagung juga memiliki beberapa manfaat. Untuk mengetahui secara lebih detil, simak ulasan mengenai beberapa manfaat jagung berikut ini.

Manfaat Jagung untuk Kesehatan

 

1. Meningkatkan kesehatan organ pencernaan

Untuk Anda yang memiliki masalah pada organ pencernaan, seperti susah buang air besar sagat disarankan untuk mengonsumsi buah jagung secara rutin. Seperti yang sudah kita ketahui, susah buang air besar disebabkan karena kurangnya asupan makanan kaya serat. Jagung mengandung serat yang cukup untuk memperlancar proses penernaan makanan di dalam tubuh.

2. Mengurangi risiko wasir

Jagung mengandung serat yang mampu memenuhi hingga 18.4 persen kebutuhan serat harian manusia sehingga dapat membantu mengurangi beberapa masalah pencernaan seperi sembelit dan wasir. Serat akan membantu proses buang air besar lebih lancar, merangsang gerak peristaltik dan merangsang produksi asam lambung dan empedu. Hal ini juga memungkinkan untuk mengurangi diare.

3. Meningkatkan energi

Seperti yang sudah ditulis sebelumnya, jagung mengandung karbohidrat yang cukup tinggi sebagai pengganti nasi. Jagung juga berkhasiat untuk menjaga fungsi otak serta sistem saraf. Dalam secangkir jagung terdapat sekitar 29 gr karbohidrat yang cocok diberikan sebagai asupan energi.

4. Meningkatkan kesehatan jantung

Manfaat jagung yang selanjutnya adalah baik untuk kesehatan jantung. Hal ini karena kandungan karotenoid, vitamin C serta bioflavonoid pada jagung yang dapat membantu mengontrol kadar kolesterol dalam darah dan meningkatkan sirkulasi darah di dalam tubuh.

5. Menyehatkan mata

Kandungan beta karoten yang ditemukan pada jagung juga bagus untuk kesehatan mata, karena beta karoten adalah pembentuk vitamin A pada tubuh manusia. Mengonsumsi jagung dalam jumlah yang cukup dan rutin akan membantu memenuhi kebutuhan asupan nutrisi yang dibutuhkan mata.

6. Menurunkan kolesterol jahat

Mengonsumsi minyak kulit jagung juga bagus untuk menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Turunnya kadar kolesterol jahat tidak mempengaruhi jumlah kolesterol baik sehingga akan menguntungkan bagi tubuh sekaligus sebagai pencegah penyakit jantung.

7. Menyehatkan tulang

Selain karbohidrat, jagung juga mengandung beragam nutrisi penting yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tulang, antaralain besi, magnesium, fosfor dan tembaga. Beberapa nutrisi yang terkandung di dalam jagung tersebut akan membantu menutrisi tulang sehingga lebih kuat. Mengonsumsi jagung secara rutin dan dalam jumlah yang cukup juga memungkinkan menurunkan risiko osteoporosis.

8. Menyuburkan kandungan

Manfaat jagung yang terakhir adalah bisa berguna sebagai makanan penyubur kandungan. Hal ini karena jagung juga termasuk makanan dengan karbohidrat kompleks yang menyehatkan. Karbohidrat kompleks ini dibutuhkan untuk Anda yang sedang menjalankan program hamil karena tidak akanĀ  mempengaruhi kadar insulin. Jadi untuk Anda yang sedang mencari cara menyuburkan kandungan yang alami, mungkin bisa mencoba mengonsumsi jagung.