Bisnis Startup di Indonesia, Inilah 3 Ciri dan Karakternya

bisnis startup di indonesia

Jika berbicara soal bisnis, sepertinya tidak akan ada matinya. Hal ini dikarenakan bisnis merupakan sebuah usaha yang dilakukan untuk menjual barang ataupun jasa guna memperoleh suatu keuntungan. Biasanya bisnis ini dilakukan secara kelompok atau semacam organisasi, tetapi tidak jarang juga bisnis ini dilakukan secara perorangan. Sehingga Anda bisa memilih ingin membuka usaha bisnis dengan bentuk seperti apa yang ingin Anda jalankan. Sama seperti halnya ketika Anda ingin menentukan jenis bisnis apa yang ingin Anda jalankan, karena seiring dengan perkembangan zaman yang semakin canggih dunia bisnis pun juga ikut berkembang. Seperti halnya bisnis startup di Indonesia, yang merupakan salah satu jenis usaha yang bergerak pada bidang teknologi informasi.

Mungkin beberapa dari Anda masih belum paham dan mengerti tentang bisnis startup ini, karena memang bisnis ini masih bisa dikatakan merupakan bisnis model baru di zaman yang semakin modern ini. Hal ini dikarenakan bisnis model startup ini mulai muncul di awal tahun 2000-an dimana pada saat itu teknologi informasi seperti internet juga mulai berkembang. Jadi mulai dari situlah dengan adanya perkembangan teknologi internet, dipandang memiliki suatu peluang untuk dunia bisnis. Nah, sebagai contohnya ialah bisnis model startup ini, karena binis model ini memang lebih mengarah pada usaha yang memang bergerak dibidang teknologi dan juga website. Sehingga sangat cocok jika startup dengan perkembangan yang ada saat ini.

Karakter Bisnis Startup

Jadi sebenarnya bagaimana sistem bisnis model startup ini? Bisnis startup ini berkembang dan berjalan dengan memanfaatkan teknologi internet, dimana bisnis ini lebih mengarah kepada jenis usaha bisnis teknologi informasi. Seperti halnya bisnis dalam sistem pembayaran, perdagangan, jasa, hingga pengembangan aplikasi sekalipun. Alasan mengapa bisnis model startup ini merupakan bisnis yang lebih condong ke bidang website dan teknologi adalah karena Anda bisa melihatnya dari karakteristik yang dimiliki oleh bisnis tersebut, yang mana startup ini memiliki beberapa karakteristik:

  • Usia suatu perusahaannya tidak lebih dari 3 tahun, karena bisnis ini masih dalam tahap berkembang.
  • Beroperasi melalui sebuah website dengan membuat produk berupa bentuk digital.
  • Untuk sumber daya manusianya sebagai pegawai tidak lebih dari 20 orang.

Dengan melihat karakteristik tersebut, mungkin Anda akan bertanya-tanya akan keuntungan yang didapatkan bila Anda memilih startup ini sebagai usaha bisnis Anda. Sebenarnya jika Anda melihat perkembangan zaman saat ini, bisnis startup bisa dikatakan cukup menguntungkan karena penggunaan intersnet saat ini sangatlah marak. Sehingga tidak heran jika bisnis ini masih dalam tahap perkembangan dan tidak menutup kemungkinan akan terus berkembang. Hal ini bisa dibuktikan dengan sudah banyaknya perusahaan-perusahaan yang menjalankan bisnisnya dengan basis startup ini, baik di tingkat lokal maupun tingkat internasional. Jadi bisa dikatakan bahwa startup ini merupakan bisnis yang populer pada masa kini.